Hallo Muli Mekhanai 
Tabikpun.......


Muli Mekhanai ! 
Kalian tau gak sih ternyata Payung Pepadun itu dalam setiap tingkat dan warnanya memiliki arti tersendiri loh, sudah pada tau belum? ... 
Untuk yang belum tau yuk kita sama-sama cari tau .... 

Tugu Pepadun berada di Jalan Lintas Timur, Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah. Bentuk tugu berupa empat buah tangan penari perempuan berwarna kuning yang berlapis perunggu. Tangan-tangan itu menopang singgasana pepadun yang di bagian terlindungi oleh payung bersusun tiga (masing-masing payung warna putih di atas, kuning di tengah, dan merah di bagian bawah). Payung berwarna putih khusus digunakan oleh penyumbang marga / mego, payung berwarna kuning digunakan oleh penyimbang tiyuh, sedangkan payung berwarna merah oleh penyimbang suku.

Payung ini di masyarakat Lampung adat Pepadun dinamakan sebagai payung agung, sebuah payung yang melambangkan tingkat penyimbang atau kepala adat. Pada bagian bawah patung telapak tangan penari ditopang oleh lapik persegi empat bertingkat tiga. Lapik paling bawah berukuran lebih besar dari lapik di atasnya. Lapik teratas dihias relief kepala burung garuda di setiap sisinya, lapik bagian tengah diisi oleh relief mahkota siger. 

Yuk yang mau berkunjung ke sini jangan lupa untuk abadikan moment mu dan jangan lupa untuk upload di sosial media untuk membantu mempromosikan Pariwisata Kabupaten Lampung Tengah.

In Frame
Mekhanai Lampung Tengah 2019 @azizjeje00


Share :